Belajar di Luar Kelas, Murid TK di Sinjai Lakukan Simulasi Evakuasi Bencana

0
41

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI) menggelar Sehari Belajar di Luar Kelas secara serentak di seluruh Indonesia, Kamis (7/11/19).

Dari pantauan, kegiatan ini di Kabupaten Sinjai , dilaksanakan oleh Seluruh sekolah mulai tingkat TK hingga SMA/sederajat.

Taman Kanak-Kanak Pertiwi X Sinjai yang beralamat di Jalan Arif Rahman Hakim melaksanakan kegiatan ini yang diikuti oleh seluruh peserta didik.

“Hari ini kita laksanakan kegiatan belajar di luar kelas dalam mendukung program sekolah ramah anak, ada 17 kegiatan yang kami laksanakan yang dimulai menyambut murid dengan salam, senyum dan sapa (3 S), menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan berbagai kegiatan lainnya, ” kata Kepala TK Negeri Pertiwi X Andi Asnianti.

Selain itu para murid juga melakukan simulasi evakuasi bencana dalam lagu dan gerak, memungut sampah, serta melaksanakan berbagai permainan tradisional.

“Kami juga lakukan simulasi jika terjadi gempa melalui gerak lagu agar para murid bisa mengetahui secara dini apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana gempa,” tambahnya.

Hal yang sama juga dilakukan di TK Negeri Pembina yang beralamat di Jalan Garuda. Seluruh murid terlihat ceria dalam melaksanakan kegiatan ini.

Kepala TK Negeri Pembina Hj. Suryati Syamsu mengatakan bahwa sebagai sekolah ramah anak, sekolahnya melaksanakan fungsinya yang menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar.

“Bukan hanya hari ini , tapi hampir setiap minggu, sekolah kami menerapkan belajar di luar kelas karena lingkungan kita bisa menjadi sumber belajar bagi murid” ujarnya.

Sementara itu Muh. Ibnu Zulfadar Siswa kelas V SDN 24 Sinjai Utara mengaku senang dengan adanya kegiatan ini sebab dilaksanakan beragam permainan tradisional yang selama ini jarang dilakukan.

Di sekolah yang beralamat di Kelurahan Biringere ini dilakukan kegiatan permainan lompat tali, kelereng, Mabbelle, Mangasing dan olahraga lainnya. (AaN Kominfo Sinjai)