Dinkes Sinjai Tingkatkan Keterampilan Petugas Terhadap Deteksi Dini Penyakit Tifoid

0
18

Workshop program Tifoid bagi petugas kesehatan dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai, Selasa (5/11/2019)

Kegiatan ini berlangsung di Aula Wisma Sanjaya, menghadirkan narasumber yakni, Kepala Subdit Hepatitis dan Infeksi Saluran Pencernaan Kemenkes RI, drg. Antoni Azarsyah.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa menjelaskan,
workhsop program tifoid ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas atau dokter pengelola puskesmas dan rumah sakit.

“Jadi ini untuk meningkatkan penemuan penderita secara dini serta terlaksananya kegiatan pengobatan dan pencegahan sesuai tatalaksana pada semua unit pelayanan kesehatan”, ujar Suryanto saat ditemui usai membuka kegiatan tersebut.

Tifoid ini lanjutnya, ada hubungannya dengan diare, stunting dan masalah lingkungan. Sehingga Ia berharap pertemuan ini akan membuka wacana dan menggali masalah-masalah yang terjadi di Sinjai terutama tentang tifoid.

“Kita berharap dokter maupun pengelola jauh lebih terampil, dan jauh lebih banyak wawasannya, sehingga penanganan tifoid, diare nantinya jauh lebih maksimal dilaksanakan di Kabupaten Sinjai,” pungkasnya.

Tifoid sendiri adalah penyakit infeksi aku yang biasanya terdapat pada saluran cerna dengan gejala demam dari satu minggu dan terdapat gangguan kesadaran.

Demam tifoid ini banyak ditemukan dalam kehidupan masyarakat. Penyakit ini erat kaitannya dengan higiene pribadi dan sanitasi lingkungan. (Irawan Kominfo Sinjai)