Pemkab Sinjai Gandeng UGM Yogyakarta Dalam Penyusunan ASB

0
86

Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Sinjai bekerjasama dengan Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik (PSEKP) dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menggelar Forum Group Discussion (FGD) Analisis Standar Belanja (ASB) di Ruang Kerja Sekda Sinjai, Senin (28/10/19).

Kegiatan ini dipimpjn oleh Sekretaris Daerah Sinjai Drs. Akbar selaku Ketua TAPD serta dihadiri oleh para anggota TAPD Sinjai.

Tim Ahli dari PSEKP UGM Yogyakarta Boyke Rudi Purnomo mengatakan bahwa kegiatan ini untuk membantu Pemkab Sinjai dalam membuat standar penganggaran melalui ASB sehingga tercipta tata kelola anggaran yang efisien, akuntabel dan transparan.

“ASB merupakan standar untuk menganalisis anggaran belanja yang digunakan dalam suatu program atau kegiatan demi menghasilkan tingkat pelayanan tertentu dan kewajaran biaya unit kerja,” jelasnya.

Sementara itu Sekda Sinjai Drs. Akbar mengatakan tujuan adanya ASB ini adalah tersusunnya anggaran berdasarkan kinerja yang akan dicapai dan dapat dinilai kewajarannya secara ekonomi, efisien dan efektif, bukan anggaran yang hanya berdasarkan perkiraan pengeluaran atau intuisi semata.

“Adanya ASB merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan sebagai instrumen yang digunakan dalam menyusun Rencana Kerja dan Anggaran maupun dokumen pelaksana anggaran sehingga ada keseragaman dari seluruh OPD dalam penggunaan anggaran,” katanya.

Oleh karena itu, ia menyambut adanya kegiatan ini dengan harapan ini dapat membantu Pemerintah Daerah dalam penyusunan APBD yang lebih transparan, adil dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan aturan perundang-udangan.

Usai FGD dilanjutkan dengan presentase penyusunan awal ASB yang dilaksanakan oleh tim ahli dari UGM Yogyakarta dihadapan seluruh perwakilan OPD dan Camat di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai. (AaN Kominfo Sinjai)