spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTingkatkan SDM Operator Sekolah, Disdik Sinjai Gelar Sosialisasi Dapodik

    Tingkatkan SDM Operator Sekolah, Disdik Sinjai Gelar Sosialisasi Dapodik

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai menggelar Sosialisasi data pokok pendidikan (dapodik) jenjang pendidikan dasar, di Gedung Wisma Hawai, Selasa (22/10/19).

    Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Sinjai Drs. Akbar dan diikuti ratusan peserta dari seluruh operator sekolah baik tingkat SD maupun tingkat Sekolah menengah Pertama (SMP) yang ada di Sinjai.

    Pelaksana Tugas Kadis Pendidikan Sinjai dr. A. Suryanto Asapa menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan sosialisasi ini untuk menyamakan persepsi dan pemahaman para operator sekolah dalam pengelolaan sistem Dapodik.

    “Selama ini pengimputan data menggunakan aplikasi dapodik versi 2019, sekarang sudah ada aplikasi dapodik versi terbaru yaitu versi 2020.a sehingga dengan adanya sosialisasi ini para operator memahami mekanisme perubahan pada sistem dapodik baru ini, ” ucapnya.

    Sementara itu Sekda Sinjai dalam sambutannya menyampaikan bahwa perkembangan teknologi dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan, seiring dengan perkembangan itu telah merambah ke semua sektor kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan dengan lahirnya salah satu aplikasi yang dibangun oleh Kemendikbud yaitu sistem aplikasi data pokok pendidikan atau Dapodik.

    Dimana dapodik ini kata Akbar, di dalamnya memuat data satuan pendidikan peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dan pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang harus terus-menerus diperbaharui secara online.

    “Kegiatan ini sangat penting sebab berdasarkan program unggulan bapak presiden kita, salah satu diantaranya adalah bagaimana melakukan dan memberikan pelayanan melalui internet data dan komunikasi dilakukan dalam bentuk aplikasi sehingga semuanya dalam pemberian pelayanan itu diharapkan dalam bentuk online,” katanya.

    Sosialisasi yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan narasumber dari Dirjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta Ketua Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulsel Abdul Halim Muharram. (AaN Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts