Berkat Bantuan Hukum Gratis dari Pemerintah, Nenek Tua Ini Menang di Pengadilan

0
93

Pemerintah Kabupaten Sinjai menyediakan bantuan hukum gratis bagi warga miskin yang berhadapan dengan hukum, baik perkara pidana maupun perdata. Bantuan hukum tersebut mulai dari pengacara hingga biaya perkara di pengadilan.

Ini menunjukkan sikap serius Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawa kendali Bupati Andi Seto Gadhista Asapa dan Wakil Bupati Hj. A. Kartini Ottong diusia kepemimpinannya setahun dalam memperhatikan permasalahan publik, khususnya bidang hukum.

Program ini digagas didasari karena selama ini masyarakat miskin sering mengalami kesulitan untuk mendapatkan keadilan karena dalam proses sebuah penyelesaian hukum, dibutuhkan waktu dan juga biaya yang cukup besar dalam penanganannya.

Salah satu warga yang pernah merasakan bantuan hukum gratis ini adalah seorang nenek tua berusia 80 tahun bernama Kanninu Binti Tarappe yang berdomisili di jalan Baronang Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara.

Saat ditemui dikediamannya, Jumat (18/10/19), Kanninu menuturkan bahwa permasalahan yang pernah dihadapi ketika mendapatkan bantuan hukum dari pemerintah daerah adalah sengketa tanah, berkat bantuan ini akhirnya ia menang di pengadilan Negeri Sinjai.

“Alhamdulillah menang mua di Pengadilan afa engka bantuanna Pak Bupati nasaba iyaa kasina tau mefeddika jadi engka pengacara murusu manengi. (Alhamdulillah saya menang di Pengadilan berkat bantuan Pak Bupati sebab saya orang kurang mampu sehingga ada pengacara yang mengurus semua), ” katanya dalam logat bahasa bugis.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah sebab selama berperkara hukum tidak sepersen pun biaya yang mereka keluarkan.

Dengan adanya inovasi Bantuan Hukum gratis ini, pada bulan Mei lalu Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa diundang menjadi Pembicara pada Word Justice Forum VI , yang diselenggarakan Word Justice Project di Word Justice Forum Convention Center, Den Haag, Belanda.

Bahkan Jebolan Master in Law, Monash University, Melbourne Australia ini merupakan satu-satunya Kepala Daerah di Indonesia juga pernah diundang menjadi narasumber dan memaparkan program ini pada acara Konferensi Nasional Bantuan Hukum II, di Prime Plaza Hotel Sanur, Denpasar, Bali bulan September lalu. (AaN/AK Kominfo Sinjai)