Pemkab Gelar Rapat Monev Pengelolaan Keuangan Desa

0
12

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai melaksanakan Rapat Koordinasi monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan desa yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (16/10/19).

Kepala Dinas PMD Sinjai Drs. Yuhadi Samad mengatakan bahwa rapat monev ini digelar rutin untuk mengetahui sejauh mana progres realisasi keuangan desa maupun pertanggungjawaban penggunaan anggaran desa.

“Kita harap dalam rapat monev ini ada umpan balik yang kita harapkan dalam hal percepatan pembangunan baik dalam hal pencairan maupun pertanggungjawaban penggunaan dana desa baik yang bersumber dari pusat maupun daerah, ” katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Sinjai Drs. Akbar yang membuka rapat ini mengungkapkan bahwa rapat ini penting dilaksanakan secara rutin untuk melakukan pembinaan kepada Pemerintah Desa khususnya terkait penggunaan anggaran.

“Kenapa ini penting dilakukan pembinaan terkait dana desa karena terkadang anggaran yang ada tidak disalahgunakan tetapi ada perbedaan pencatatan dalam administrasinya sehingga bisa berdampak hukum, ” jelas Akbar dihadapan seluruh Camat dan Kepala Desa.

Oleh karena itu selain taat pada aturan penggunaan anggaran, juga yang tak kalah pentingnya adalah tertib administrasi.

Monev ini menghadirkan narasumber masing-masing Sekretaris Bappeda Sinjai Abrar Awali terkait penyesuaian dokumen RPJMD kabupaten dan desa, Kepala Bapenda Sinjai Asdar Amal Darmawan dengan materi optimalisasi pajak daerah dan Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib terkait pembentukan PPID Desa dan Smart Kampung. (AaN/Lis Kominfo Sinjai)