Melalui Smart Kampung Wujudkan Satu Data

0
138

Program smart kampung mendorong desa untuk mengadaptasi kemajuan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan, desa yang selama ini dianggap tertinggal ingin diubah dengan sentuhan digital.

Hal inilah yang mendorong Pemerintah Kabupaten Sinjai akan melaksanakan program smart kampung pada tahun depan yang merupakan salah satu program unggulan yang tertuang dalam visi dan misi Pemkab Sinjai.

Dalam berbagai kesempatan, Bupati Sinjai mengharapkan melalui smart kampung nantinya inovasi ini dapat meningkatkan semua potensi yang ada di desa sebab salah satu indikator smart kampung ialah pelayanan publik dengan pendekatan teknologi informasi, pengembangan ekonomi desa dan pengentasan masyarakat dari kemiskinan.

Pelaksana Tugas Kadiskominfo dan Persandian Kabupaten Sinjai Irwan Suaib menyampaikan bahwa dalam inovasi ini bukan hanya menyediakan jaringan internet di seluruh desa akan tetapi ada jaringan intranet yang terkoneksi ke sistem lintas sektoral.

“Nantinya Ada jaringan internet dan intranet di Sinjai yang menghubungkan desa/kelurahan, kecamatan, dan dinas/badan sehingga terjadi sinkronisasi data yang pada akhirnya muncul satu data, ” ungkapnya.

Irwan mencontohkan data kemiskinan, dengan adanya smart kampung, kedepan akan dibuatkan aplikasi terkait data kemiskinan dalam bentuk pemetaan wilayah.

“Jadi nanti ada koordinatnya, didaerah mana banyak orang miskin, di desa mana masyarakatnya banyak yang miskin dan diaplikasi itu nanti jelas sehingga ada keterbukaan informasi, ” ujarnya saat menjadi narasumber dalam Rapat monev Keuangan Desa di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (16/10/19).

Dengan inovasi ini, OPD memiliki acuan dalam melaksanakan program pengentasan kemiskinan sehingga program ataupun bantuan yang diberikan tepat sasaran. (AaN Kominfo Sinjai)