spot_img
Monday, May 20, 2024
More
    spot_img

    Disdik Dukung Peningkatan Mutu Pendidik Melalui Workhsop Penyusunan Soal Berbasis Online

    More articles

    Workhsop pembuatan soal / penilaian berbasis online digelar pengurus musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) IPS bekerjasama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Sinjai.

    Kegiatan ini berlangsung di Aula Handayani Dinas Pendidikan (Disdik) Sinjai, Minggu (13/10/19) pagi dengan kolaborasi Microsoft Office 365.

    Kadisdik Sinjai yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Sinjai, Adam Malik mengaku sangat merespon kegiatan ini. Menurutnya, apa yang dilakukan MGMP dan IGI Sinjai merupakan suatu langkah maju dalam peningkatan mutu pendidik mengikuti era globalisasi.

    “Saya yakin kehadiran Office 365 melalui proses penyusunan soal dan penilaian, dua atau tiga tahun kedepan mutu pendidikan akan jauh lebih maju lagi. Itu semua karena apa yang disajikan akan lebih obyektif dibandingkan dengan sistem manual”, katanya saat membuka Workhsop tersebut.

    Ia berharap kepada para peserta yang merupakan tenaga pendidik dari tingkatan SD hingga SMA Sederajat dapat menularkan ilmu yang diserap dari Workhsop pembuatan soal ini.

    Sementara itu, Ketua MGMP IPS Kabupaten Sinjai, Abu Bakar, menuturkan, Workhsop ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pendidik tentang penilaian yang berorientasi IT.

    Selain itu, membangun percepatan mutu pendidik terhadap metode penilaian, serta memberikan pengalaman menilai kepada pendidik untuk pengaplikasikan penilaian dengan menggunakan Microsoft Office 365 khususnya fiktur Form.

    “Jadi ini program kedua selama kepengurusan MGMP Sinjai, sekaligus melihat manfaat positif penggunaan perangkat lunak (Smartphone) karena memiliki manfaat besar yaitu bisa cepat dalam penyusunan soal”, katanya.

    Dikatakan, workshop pembuatan soal /penilaian ini diikuti 66 tenaga pendidik, dengan rincian tingkat SD 2 orang, SMP 47 orang dan SMA Sederajat 17 orang.

    Workhsop yang mengangkat tema “peningkatan profesionalisme melalui pengembangan teknik penilaian berbasis ICT dalam menyongsong revolusi industri 4.0”, ini juga menghadirkan narasumber dari Trainer Microsoft Office 365 Kabupaten Sinjai. (Irawan Kominfo Sinjai)

    - Advertisement -spot_img

    Latest