spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaMendapat Respon Cepat dari Home Care, Warga Minta Program Ini Terus Dilanjutkan

    Mendapat Respon Cepat dari Home Care, Warga Minta Program Ini Terus Dilanjutkan

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Sinjai, Satu tahun kepemimpinan Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa dan Wakil Bupati Hj. A. Kartini Ottong telah melaksanakan berbagai program unggulan, salah satunya di bidang kesehatan, Home Care dan Home Visit yang mendapat pujian dari warga.

    Berkat program layanan kesehatan door to door ini, warga Jalan Panaikang Raya Dusun Bangko Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur, Fatmawati merasa sangat terbantu.

    Betapa tidak, Fatmawati yang memiliki ibu bernama Hj. Bunga sudah tua dan sakit-sakitan dan tidak mampu lagi berjalan sehingga harus mendapat perawatan dari dokter di rumah secara rutin (home care).

    Warga Dusun Buakang, Puang Bua, pernah merasakan manfaat Program Home Visit dan Home Care

    “Kami sangat berterima kasih dengan adanya program dari Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati, karena saya tidak perlu lagi membawa ibu saya ke Puskesmas tapi saya hanya menelfon petugasnya disana, tidak lama berselang mereka sudah datang kesini memeriksanya” ujarnya saat ditemui Minggu (29/9/19).

    Awalnya Fatmawati menduga bahwa petugas yang datang memeriksa hanya perawat, namun setelah tiba dirumahnya sekitar 5 orang petugas kesehatan yang datang dan bukan hanya perawat namun juga dokter dan tenaga kesehatan lainnya.

    “Saya kira hanya perawat yang datang ternyata ada dokternya ikut. Ini yang membuat kami puas karena dokternya langsung yang melakukan pemeriksaan sehingga kami tidak khawatir lagi jika dirawat di rumah, apalagi tidak ada biaya sama sekali yang kami keluarkan, semoga program ini terus dilanjutkan” pintanya.

    Bukan hanya mendapatkan perawatan, kata Fatmawati, petugas juga datang memberikan penyuluhan dan edukasi (home visit) bagaimana menjaga pola hidup bersih sehingga terbebas dari penyakit.

    Hal yang sama pernah dirasakan oleh Puang Bua (61) warga Dusun Buakang Desa Panaikang. Menurutnya, beberapa waktu lalu kaki sebelah kiri secara tidak sengaja terkena sabetan parang sehingga mengalami luka, dengan bantuan tenaga medis yang datang kerumahnya lukanya ini telah sembuh.

    “Makkesssing kaleni sedding tauwe, dena nafarellu tauwee lao ri Puskesmas afa nalaoi tauwe nahurai (Sekarang ini pelayanan kesehatan sudah bagus karena pasien tidak perlu lagi ke Puskesmas tapi dia yang datang mengobatinya),” kata Puang Bua dengan bahasa bugis.

    Sementara itu Sunarti, Putri dari Puang Bua mengatakan bahwa beberapa bulan sebelumnya petugas kesehatan mengunjungi rumahnya untuk melakukan pendataan dan edukasi (home visit).

    “Ketika mereka datang dahulu petugas menempelkan stiker di depan pintu dan menuliskan nomor ponselnya agar bisa ditelfon ketika ada warga yang sakit, dari situlah kami tahu bahwa petugas siap datang untuk mengobati di rumah,” bebernya.

    Selama perawatan, kata Sunarti, petugas kesehatan dari Puskesmas Panaikang dalam seminggu dua kali datang kerumahnya untuk mengganti perban pada luka yang dialami ibunya. (Aan kominfo Sinjai)

    Related articles

    -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts