Praktek Lapangan Pelatihan Pemandu Wisata

0
22

Sinjai, Hari ketiga atau hari terakhir pelatihan pemandu wisata pedesaan dan perkotaan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai menghadirkan pemateri Budayawan Sinjai Drs. Muhannis, di Gedung Pertemuan Sinjai,  Rabu (25/9/19).

Usai memberikan materi didalam kelas, para peserta melakukan sesi praktek dilapangan dengan mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Benteng Balangnipa dan Batu Pake Gojeng di Kecamatan Sinjai Utara, Tampu Cidu dan Hutan Mangrove Tongke-Tongke di Kecamatan Sinjai Timur.

Dalam praktek ini peserta melakukan simulasi pemanduan wisata mulai di atas bus yang telah disiapkan panitia dan mengunjungi tempat-tempat wisata di Sinjai dengan harapan peserta mampu mempraktekkan materi-materi yang telah didapat selama pembelajaran di dalam kelas.

Muhannis mengatakan bahwa seorang pandu wisata hendaknya memahami  dan menguasai obyek wisata yang akan dikunjungi.

“Selain menguasai obyek wisata tersebut,  pemandu wisata harus mengetahui teknik dalam memandu atau memberikan informasi kepada tamu sehingga tamu atau wisatawan merasa nyaman dan meninggalkan kesan yang indah, ” ungkapnya.

Ia berharap para peserta ini nantinya dapat menjadi pemandu wisata yang handal dan memiliki wawasan luas tentang obyek wisata dan budaya yang ada di Sinjai.

Pelatihan pemandu wisata ini merupakan bentuk pembinaan yang dilakukan Disparbud Sinjai terhadap masyarakat yang memiliki kesempatan serta ingin berpartisipasi terhadap perkembangan kepariwisataan dengan harapan mampu menciptakan pemandu wisata yang handal sebagai ujung tombak atau garda terdepan dalam mengenalkan kepariwisataan Sinjai kepada wisatawan.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti sebanyak 45 peserta yang terdiri dari pengelola obyek wisata,  pengelola hotel,  Rumah Makan/Restoran dan pengelola Cafe. (Aan kominfo sinjai)