spot_img
Wednesday, April 24, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaKeren, SMAN 1 Sinjai Gelar Pilketos Berbasis Teknologi

    Keren, SMAN 1 Sinjai Gelar Pilketos Berbasis Teknologi

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Sinjai, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sinjai menggelar Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) menggunakan aplikasi E-Voting berbasis Komputer, Selasa (24/9/19).

    Bahkan guna mendukung kreatifitas para pelajar, pihak sekolah menyiapkan sedikitnya 20 ponsel android untuk digunakan pada Pilketos Periode 2019-2020.

    Ketua Majelis Perwakilan Kelas SMAN 1 sinjai, A. Trio Ramadhan  mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pilketos ini dilaksanakan secara demokrasi dengan memanfaatkan teknologi berbasis elektronik dalam rangka menanamkan prinsip-prinsip demokrasi, secara umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil.

    “Ada dua ruangan atau TPS yang kita gunakan, dimana masing-masing TPS kita siapkan 10 bilik suara dan caranya sangat mudah hanya mengklik gambar calon Ketua OSIS,” katanya.

    Pembina Harian OSIS Hj. Yuliani mengatakan bahwa sebelum dilakukan pilketos ini terlebih dahulu dilakukan penyampaian visi dan misi serta debat kandidat oleh calon Ketua OSIS yang disaksikan oleh Kepala Sekaolah,  guru dan seluruh siswa.

    “Jadi jumlah daftar pemilih yang berhak menggunakan hak suaranya sebanyak 856 siswa mulai dari kelas X hingga kelas XII,” jelasnya.

    Sementara itu Kepala SMAN 1 Sinjai Drs. Arifuddin memberi aspirasi kepada siswa yang memiliki kreatifitas dalam pemilihan. Hal ini akan menjadi cikal bakal mereka dalam menyongsong pemilihan ke depan yang akan semakin berkembang dari sistem manual ke sistem digital.

    “Untuk android sendiri lebih simpel, karena panitia hanya menyiapkan handpone. Lalu peserta tinggal memilih calon yang sudah disiapkan dalam aplikasi tersebut. Kemudian hasil dari pemilihan tersebut dengan cepat juga kita peroleh jumlah suara terbanyak yang dipilih. Jadi tanpa dihitung manual lagi,” jelasnya. (Aan/salim kominfo sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts