Dinkes Sinjai Gelar Pelatihan Tatalaksana TB Anak

0
35

Sinjai, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai melaksanakan Pelatihan Tatalaksana Tuberculosis (TB) di Aula Wisma Sanjaya, Selasa (24/09).

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai yang diwakili Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan Sinjai, Dra. Hj. Darmawati dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan itu secara resmi, mengharapkan melalui kegiatan tersebut penguatan kolaborasi TB dengan program lainnya di tingkat kabupaten Sinjai dapat terwujud  sehingga tujuan penanggulangan TB tercapai.

“Penatalaksanaan kasus TB pada anak merupakan upaya komprehensif, oleh karena itu diperlukan petunjuk lebih lanjut dalam operasional penatalaksanaan TB pada anak. Kami harapkan pelatihan ini dapat berjalan dengan baik dari awal sampai akhir dan peran serta aktif dari semua tim sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai,” jelasnya.

Diketahui berdasarkan data tahun 2018 di kabupaten Sinjai telah ditemukan 114 kasus semua tipe TB dan angka tersebut ditemukan kasus TB anak sebanyak 6 kasus atau 1.5 % dari seluruh kasus TB yang terlaporkan.

“Salah satu upaya pengendalian penyakit tuberkulosis harus diwujudkan melalui strategi diantaranya adalah peningkatan akses layanan TBC yang bermutu dan penguatan manajemen program TBC,” ujarnya.

Adapun tujuan kegiatan tersebut lanjut Darmawati untuk diseminasi dan updating manajemen dan tatalaksana TB pada anak dan penguatan koordinasi antara program TB dan pemegang kebijakan program lainnya di tingkat kabupaten dan puskesmas.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai Selasa 24-27 September 2019 di Aula Wisma Sanjaya. (Irawan/Ayu Kominfo Sinjai)

Previous articleKeren, SMAN 1 Sinjai Gelar Pilketos Berbasis Teknologi
Next articleLepas Sambut BPD Desa Saotengah