Disparbud Sinjai Tingkatkan SDM Pelaku Kepariwisataan

0
18

Sinjai, Dalam rangka pengembangan sumber daya wisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sinjai harus didasari dengan pengembangan sumber daya manusia pariwisata dalam mendukung eksistensi pengembangan  wisata.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemkab Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) mengadakan acara pelatihan pemandu Wisata pedesaan dan perkotaan selama tiga hari sejak tanggal 23 – 25 September 2019. 

Acara ini digelar di Gedung Pertemuan Sinjai dan diikuti oleh 45 orang peserta yang berasal dari pengelola pariwisata,  pemilik hotel,  Rumah Makan dan Cafe yang ada di Sinjai.

Kepala Disparbud Sinjai Haerani Dahlan saat membuka kegiatan ini,  Senin (23/9/19) mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini untuk mengembangkan dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia sebagai pelaku usaha masyarakat di bidang kepariwisataan dalam rangka pengembangan wisata.

“Kita ingin menciptakan SDM kepariwisataan minimal mampu mempromosikan obyek wisata di Sinjai sebab selama ini kita punya potensi wisata yang bagus namun belum terekspose dengan baik diluar, ” katanya.

Pelatihan pemandu wisata kata Haerani merupakan suatu upaya strategis dalam meningkatkan kompetensi pemandu wisata dan mengoptimalkan keberadaannya dalam mempromosikan potensi wisata yang berada dalam wilayah Kabupaten Sinjai.

“Kami harap para peserta dapat menambah pengetahuan dan wawasannya melalui pelatihan ini sebagai modal untuk menggali potensi yang ada di  wilayah masing-masing melalui kemampuan menginterpretasi objek alam sehingga mampu menjadi daya tarik wisata,” ujarnya. (Aan/Anto kominfo sinjai)