spot_img
Thursday, April 25, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTingkatkan SDM, Disparbud Adakan Pelatihan Pemandu Wisata Selam

    Tingkatkan SDM, Disparbud Adakan Pelatihan Pemandu Wisata Selam

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Sinjai, – Dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Sinjai menggelar pelatihan pemandu wisata selam. Kegiatan ini dibuka secara resmi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Sinjai, Haerani Dahlan, Kamis (19/09/2019) di Cafe Orange Hotel Sinjai.

    Ketua panitia, Muh. Syachwal, mengatakan kegiatan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan bagi pemandu wisata selam, mendorong partisipasi masyarakat dalam mendukung jasa usaha pariwisata sebagai usaha, dan meningkatkan nilai tambah untuk mendukung pengembangan wisata bahari di Kabupaten Sinjai.

    “Tujuannya untuk memberikan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan sebagai pemandu wisata khususnya wisata menyelam / underwater di Kab. Sinjai,” Muh. Syachwal, yang juga menjabat Kabid pengembangan destinasi pariwisata.

    Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Sinjai, Haerani Dahlan menjelaskan kegiatan pelatihan ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik dari Kementerian Pariwisata tahun 2019.

    “Alhamdulillah pemerintah kabupaten Sinjai dianggap punya concern terhadap pengembangan wisata bahari sehingga kita dapat mengalokasi yg terkait dengan pengembangan wisata bahari,” kata Haerani.

    Pelatihan yang berlangsung selama empat hari, yaitu tanggal 19 – 22 September 2019 ini diikuti oleh peserta dari utusan perangkat daerah yang terkait, utusan kecamatan pesisir serta komunitas sebanyak 40 orang.

    Lanjut Haerani Dahlan berharap bahwa pelaksanaan kegiatan selama 4 hari ini berjalan lancar, sukses, akan menghasilkan anak muda yang memang terlatih dan kompeten.

    “Insya Allah akan mendapatkan sertifikat kompetensi. Hasil dari pelatihan ini betul-betul akan melahirkan pemandu wisata selam yang bersertifikasi sehingga bisa diakui dan mendapatkan kesempatan untuk menjadi pemandu wisata di tempat wisata yang ada di kab. Sinjai,” kata Haerani.

    Adapun tim instruktur didatangkan dari Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin Makassar. (Ayu Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts