spot_img
Thursday, April 25, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDPKH Sinjai Jadwalkan Peracunan Anjing Liar Pekan Ini

    DPKH Sinjai Jadwalkan Peracunan Anjing Liar Pekan Ini

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Sinjai, – Sesuai keluhan dan laporan masyarakat di Jalan Veteran, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai akan melakukan eliminasi atau peracunan anjing liar, Sabtu (24/8/2019) malam.

    Aksi ini juga untuk menyikapi fenomena ancaman penyakit rabies yang berasal dari gigitan anjing liar.

    Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet), drh. Mappamancu saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (22/8/2019), menuturkan, langkah peracunan itu diambil sebagai langkah preventif.

    “Jangan sampai anjing berkeliaran tersebut menjadi penular penyakit rabies kepada masyarakat sekitar, apalagi sudab meresahkan masyarakat,” katanya.

    Dengan rencana eliminasi anjing liar tersebut, pihaknya meminta masyarakat yang memiliki hewan ternak seperti Kambing, Sapi dan hewan ternak lainnya agar mengurung sehari sebelum kegiatan eliminasi dilakukan.

    “Kita juga sudah sampaikan ke masyarakat setempat baik secara langsung maupun melalui surat edaran yang dipublikasikan oleh media elektronik Radio Suara Bersatu FM,” tambahnya.

    Selain upaya peracunan yang akan dilakukan, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat bahwa salah satu cara efektif untuk menghindari anjing liar berkeliaran di sekitar adalah dengan manajemen sampah.

    Menurut, Mappamancu hal itu masih kurang dilakukan di Kabupaten Sinjai. Masyarakat ujar dia, belum menyadari bahwa salah satu perilaku anjing liar kenapa berkunjung berkeliaran karena manajemen sampah yang masih kurang.

    “Misalnya, sisa-sisa makanan kita buang disekitaran rumah yang mana maksud kita untuk menghemat, akan tetapi penghematan tersebut tujuannya kita berikan kepada ayam  peliharaaan misalnya, namun justru itu yang memancing datangnya anjing liar,” tandasnya.

    Dalam peracunan nanti lanjut Mappamancu, pihaknya fokus pada anjing liar tak bertuan. (Adi Kominfo Sinjai)

    Foto: Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet), drh. Mappamancu saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (22/8/2019)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts