Bupati Sinjai Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Sinjai Barat

0
18

Untuk pertama kalinya Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa menghadiri musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di Aula Kantor Kecamatan Sinjai Barat, Rabu (20/2/19).

Dalam kesempatan tersebut Bupati yang didampingi Wakil Ketua II DPRD Sinjai Jamaluddin Asnawi mengatakan bahwa Musrenbang ini merupakan salah satu tahapan proses perencanaan pembangunan yang diawali dari musrenbang tingkat desa/kelurahan dan akan menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan.

“Kegiatan ini sangat penting dan strategis karena disamping untuk menjaring aspirasi masyarakat juga untuk menghasilkan sesuatu yang sangat fundamental sebagai bahan penyusunan rencana kerja pembangunan daerah atau RKPD 2020 yang akan menjadi rujukan utama dalam penyusunan RAPBD Sinjai tahun anggaran 2020,” katanya.

Menurutnya, kegiatan Musrenbang ini tidak hanya menjadi wadah penyusunan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan, tapi musrenbang juga harus dipandang sebagai saluran resmi yang dipersiapkan untuk menyalurkan aspirasi masyarakat dalam rangka memperoleh akses yang memadai dalam kebijakan penganggaran pembangunan.

“Kami berharap semua pembangunan kedepan berdasarkan kebutuhan masyarakat yang ada di desa. Olehnya itu, musrenbang ini wadah kita semua meluangkan apa saja yng menjadi kebutuhan di wilayah masing-masing, ” katanya.

Sementara itu Kepala Bappeda Sinjai A. Ilham Abubakar menyampaikan bahwa program yang diusulkan oleh masyarakat akan menjadi acuan bagi seluruh OPD dalam menyusun RKPD tahun 2020 mendatang.

“Program yang diusulkan oleh masyarakat ini berdasarakan kebutuhan skala prioritas dan tetap mengacu pada visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sinjai tahun 2018-2023,” ungkapnya.

Musrenbang ini dihadiri seluruh OPD, anggota DPRD, unsur tripika kecamatan, para Kepala Desa/Lurah Se-Kecamatan Sinjai Barat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda. (AaN)