Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah

Sinjai Raih Stand Terbaik di Ajang PID Sulsel

Makassar, Stand Pemerintah Kabupaten Sinjai berhasil meraih predikat stand terbaik dalam Pekan Inovasi Daerah (PID) Sulawesi Selatan yang telah berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 1 hingga 3 Agustus 2019 bertempat di GOR Universitas Hasanuddin. Dalam kesempatan ini sebanyak 30 Stand mulai dari Pemda, Pemkot, Perguruan Tinggi hingga Lembaga Kementerian menampilkan inovasi terbaiknya. Pada akhir kegiatan Pekan Inovasi Daerah Sulawesi ... Read More »

Data dan Informasi Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah

Struktur Organisasi dan Visi Misi BalitBanda Read More »

Dosen Teknik Perkapalan Unhas Sosialisasi Inovasi Gading Baja di Sinjai

Belasan Dosen Teknik Perkapalan Unhas bersama beberapa yang dipimpin oleh Ketua Departemen Teknik Perkapalan Unhas Dr Eng Ir Suandar Baso MT mengadakan sosialisasi penggunaan gading baja sebagai gading kayu pada pembuatan kapal di salah satu kelompok nelayan yaitu Kelompok Usaha Bersama Bunaken Indah, Jalan Sunu Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (21/6/19). Suandar menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini selain ... Read More »

Balitbangda Kaji Konsep ‘Sinjai Panrita Kitta’

Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) akan melakukan kajian pengembangan Model konseptual Bumi Panrita Kitta. Hal ini diawali melalui Focus Discussion Group (FGD) yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setdakab Sinjai, dr. Hj. Nikmat B. Situru di Aula Gedung B Kantor Bupati Sinjai, Kamis (13/6/19). Salah seorang narasumber sebagai tim Ahli dari IAIM ... Read More »

Lagi, Pemkab Sinjai Jalin Kerjasama Dengan Unibos Makassar

Pemerintah Kabupaten Sinjai kembali menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi yang ada di indonesia. Kali ini penandatanganan perjanjian bersama (MoU) dengan Universitas Bosowa (Unibos) di Auditorium Aksa Mahmud Lantai 9 Universitas Bosowa Makassar, Jumat (1/2/19). Rektor Unibos Prof. DR. Ir. Muh. Saleh Pallu menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten Sinjai untuk menjalin kerjasama dengan Unibos Makassar. “Saya ... Read More »

Balitbangda Sinjai Paparkan Hasil Kajian Potensi Rawan Bencana dan Komoditi Unggulan

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Sinjai menggelar ekspose akhir pengkajian kegiatan potensi kerawanan bencana dan pengkajian komoditi potensi unggulan yang berpotensi dikembangkan, bertempat di Aula Gesung B Kantor Bupati Sinjai, Kamis (8/11/18). Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama Pemerintah Daerah Sinjai dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Sumber Daya Alam (SDA) Universitas Hasanuddin Makassar. Kepala Balitbangda Sinjai Asdar Amal ... Read More »

Sinjai Borong Diharapkan Bisa Jadi Pusat Industri Gula Aren dan Gula Semut

Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong menghadiri Acara Diseminasi Rencana Pengembangan Klaster Inovasi Gula Aren Di Desa Bonti Sinala Ke amatan Sinjai Borong, Sabtu, (6/10/18). Acara ini dihadiri oleh Dirjen Penguatan Inovasi Kemenrisrek Dikti Dr. Ir. Jumain Appe , Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Tim Pengembangan Klaster Inovasi Gula Aren, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten ... Read More »

Pengabdian Kepada Masyarakat, Unhas Pamerkan Produk Inovasi di Sinjai

Dalam rangka Dies Natalies ke 62 Universitas Hasanuddin Makassar menggelar seminar pengabdian masyarakat di Gedung Pertemuan Sinjai, Rabu (29/8/18). Ketua rombongan Tim dari Unhas, Saraswati saat ditemui mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di dua Kabupaten yakni Sinjai dan Kabupaten Enrekang. Seminar ini bertujuan untuk berbagi ilmu dalam bentuk pengabdian masyarakat mulai dari proses pembuatan hingga presentase pada topik yang dibawakan. ... Read More »

Balitbangda Akan Kaji Potensi Kerawanan Bencana di Sinjai

Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Sinjai akan melakukan kajian potensi kerawanan bencana pada tahun 2018. Kepala Balitbangda Sinjai,  Asdar Amal Darmawan saat ditemui, Rabu (27/7/18) mengatakan bahwa pemetaan daerah rawan bencana ini dinilai sangat penting sebagai upaya peringatan dini apalagi Sinjai rawan terjadi rencana banjir dan tanah longsor. “Upaya ini juga merupakan bagian dari ... Read More »

Berbagai Produk Siswa Ditampilkan Pada Acara Pengukuhan Unit Inovasi Siswa

Disela-sela kegiatan pengukuhan unit inovasi siswa yang diprakarsai oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sinjai, Selasa (15/5/18) di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, ditampilkan berbagai produk hasil karya inovasi yang ditampilkan oleh beberapa sekolah. Kepala Balitbangda Sinjai A. Asdar Amal Darmawan mengatakan bahwa hasil inovasi yang ditampilkan oleh sekolah-sekolah itu merupakan suatu hal yang patut diapresiasi. “Kita dapat melihat ... Read More »