Produk UKM Sinjai Dipamerkan pada Hari Koperasi se-Sulsel di Bulukumba

Produk UKM Sinjai Dipamerkan pada Hari Koperasi se-Sulsel di Bulukumba

Sinjai, Puncak Hari Koperasi Ke-72 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan berlangsung di Wisata Pantai Bira Kabupaten Bulukumba, (25/08/19).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Drs. Akbar mewakili Bupati, Ketua DPRD Sinjai Abd. Haris Umar,  Kadis Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai H. Firdaus.

Bupati Bulukumba A.M. Sukri A. Sappewali sebagai tuan rumah dalam sambutannya mengharapkan agar koperasi kedepan tetap menjadi Soko guru perekonomian didaerah di era revolusi industri 4.0.

AM Sukri juga berterima kasih kepada Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah atas ditunjuknya kabupaten Bulukumba selaku tuan rumah Hari Koperasi tahun 2019. 

“Karena dengan itu, maka pemerintah dan masyarakat Bulukumba selama dua hari ini mendapatkan berkah yang besar dimana kita lihat bersama. Hotel-hotel yang ada disini semuanya terisi oleh tamu dari daerah lain, begitupun dengan para pedagang kita yang berada di lokasi wisata Tanjung Bira mengalami peningkatan pendapatan dari hari-hari libur biasanya,” ujarnya.

Sekretaris Kementerian Koperasi RI Prof Ruli Indrawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Revolusi industri 4.0 adalah sebuah fase  perubahan perilaku dalam kemajuan teknologi yang begitu cepat, koperasi bereformasi dan harus berubah dan beradaptasi tanpa meninggalkan nilai dasar koperasi.

Dalam ajang kali ini Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Sinjai turut mengikuti pameran dengan menampilkan produk kerajinan lokal binaan Dinas Koperasi serta produk makanan dan minuman olahan khas Sinjai.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai H. Firdaus, bahwa ini merupakan momen yang sangat penting, baik sebagai ajang silaturahmi pelaku koperasi, juga sebagai tempat untuk mempromosikan produk-produk UKM dan tempat studi dalam rangka pengembangan produk koperasi dan UKM.

Mantan Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai ini menambahkan, di stand tersebut, pihaknya memamerkan beragam produk UKM, seperti lampu hias dari kerang,  produk kerajinan dari kayu pakis, kopi Borong,  Kopi Manipi,  abon dari ikan tuna serta beragam produk khas Sinjai lainnya.

Pameran tersebut diikuti oleh seluruh Dinas Koperasi dan UKM Se-Provinsi Sulawesi Selatan sebagai bagian dari rangkaian hari koperasi ke-72 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam acara puncak tersebut juga diberikan penghargaan kepada para tokoh koperasi dan koperasi berprestasi Se-Sulsel. KPRI Bina Sejahtera SMK Negeri 1 Sinjai mendapat Penghargaan Sebagai Koperasi Beprestasi. (Aan kominfo sinjai)

About Aan