Pertama Kalinya di Sulsel,  SMP 23 Sinjai Gelar Piltosis E-Voting Berbasis Office 365

Pertama Kalinya di Sulsel, SMP 23 Sinjai Gelar Piltosis E-Voting Berbasis Office 365

Perkembangan teknologi dimanfaatkan sekolah untuk menerapkannya pada berbagai kegiatan. Termasuk pemilihan Ketua OSIS (piltosis) dengan memanfaatkan e-voting atau pemilihan secara elektronik.

Seperti yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 23 Sinjai yang beralamat di Jl.H.A. Mappatombong Bikeru I Kelurahan Sangiasseri Kecamatan Sinjai Selatan yang melaksanakan e-voting berbasis office 365, Sabtu (28/9/19).

Pelaksanaan Piltosis secara online ini pertama kalinya dilaksanakan di tingkat SMP di Kabupaten Sinjai bahkan pertama kali digelar di Sulawesi Selatan dengan menggunakan aplikasi Microsoft 365.

Dalam e-voting ini disaksikan langsung oleh Education Program Manager PT Microsoft Indonesia Obert Hoseanto, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Sinjai dr. A. Suryanto Asapa, Pelaksana Tugas Kadis Kominfo dan Persandian Irwan Suaib, Kabag Humas Setdakab Tamzil Binawan dan Ketua Dewan Pendidikan Sinjai Dr. Hermansyah.

Ober Hoseanto mengungkapkan rasa salut terhadap langkah yang dilaksanakan oleh SMPN 23 Sinjai yang telah menerapkan penggunaaan teknologi dalam berdemokrasi di sekolah.

“Bagi saya ini suatu pertanda bahwa Kabupaten Sinjai memiliki tekad untuk memanfaatkan teknologi dengan baik. Ini suatu terobosan bahwa Sinjai itu tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia dalam hal teknologi, ” katanya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Pelaksana Tugas Kadis Pendidikan dr. A. Suryanto Asapa yang membseri apresiasi dengan pemanfaatan teknologi dalam pemilihan Ketua OSIS yang berjalan sukses.

“Kedepan seluruh sekolah di Sinjai baik SD maupun SMP bisa memanfaatkan aplikasi ini dalam pemilihan ketua OSIS maupun adalam berbagai kegiatan lainnya,” harapnya.

Sementara itu salah seorang Microsoft Innovative Educatior Expert (MIEE) Sinjai Muhammad Rasyid mengatakan bahwa Pemilihan Ketua OSIS ini menggunakan fitur form office 365 dimana siswa memilih di kelas masing-masing menggunakan perangkat android.

“Jadi pemilihannya hanya dikelas masing-masing dengan menggunakan android mereka karena masing-masing siswa sudah memiliki akun, kemudian rekapitulasi hasil pemilihan ditayangkan secara real time,” ungkapnya. (Aan kominfo Sinjai)

Komentar Facebook

About Haryanti Arief