Perpusnas Lakukan Safari Gerakan Gemar Membaca di Sinjai

Perpusnas Lakukan Safari Gerakan Gemar Membaca di Sinjai

Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan Safari gerakan nasional pembudayaan kegemaran membaca di Provinsi dan Kabupaten/kota tahun 2019 bertempat di Gedung Pertemuan Sinjai, Selasa (26/2/19).

Safari Gerakan Nasional itu dilakukan ke berbagai provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia dan hari ini safari dilaksanakan di Sinjai. Gerakan Safari ini di lakukan dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat dengan konsep kegiatan adalah talkshow.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai La Baba Faisal selaku panitia pelaksana mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah membangun kesadaran maayarakat tentang pentinngya perpustakaan dalam meningkatkan minat baca dalam rangka menjngkarkan kualitas hidup masyarakat serta mengkampanyekan dan mempromosikan budaya baca melalui tingkat literasi yang tinggi.

“Kegiatan ini diikuti sekitar 400 peserta yang meruapkan tenaga pustakawan, perwakilan sekolah dan para PNS Lingkup Pemkab Sinjai, ” katanya.

Kepala Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI, Drs. Widianto mengungkapkan bahwa perpustakaan saat ini masuk dalam program prioritas basional yang artinya bahwa literasi menjadi alat bagaimana perpustakaan bisa mensejahterakan masyarakat.

“Perpustakaan bukan berdiri sendiri sebagai unit layanan tetapi sudah menjadi sistem dan bagian dari masyaraat yang dirancang untuk memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa yang membuka kegiatan ini menyampaikan ucapana terima kasih kepada Perpustakaan Nasional yang telah mempercayakan Kabupaten Sinjai untuk melaksanakan event langka seperti ini.

Ia mengungkapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan daya minat baca masyarakat Sinjai khususnya kaum milenial sebagai generasi pelanjut.

“Saya harap acara talkshow ini tidak sekedar acara seremoni belaka namun saya harap para peserta dapat menambah ilmu dari para narasumber yang hadir,” harapnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Pusdiklat Perpusnas Drs. Widiyanto, Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel, Moh. Hasan, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sinjai La Baba Faisal dan tokoh Literasi Brigpol Ilham Nur.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai Hj. A. Nurhilda Daramata Seto juga dikukuhkan sebagai Bunda Baca Kabupaten Sinjai oleh Bupati Sinjai. (AaN)

About Aan