Integrasi Data di Lingkup Pemkab Sinjai

Sejak terbentuknya Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Sinjai melalui Perbub Nomor 37 Tahun 2019, kewenangannya adalah melakukan penyelenggaraan statistik sektoral dan laporan pembangunan, baik bidang sosial, ekonomi, pertanian, industri, kesehatan, politik, Hukum dan penyusunan integrasi data serta statistik pendukung lainnya.

Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Sinjai sebagai pusat data sektoral, maka secara intensif melakukan Bimtek di internal Bidang Statistik dan Persandian terkait teknis tata cara pengoperasian aplikasi “simdata info-sinjai” dan selanjutnya juga akan melibatkan seluruh OPD untuk dilatih menjadi operator di OPDnya masing-masing, sehingga secara bertahap dapat terwujud integrasi data di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai dan Dinas Kominfo Sinjai sebagai Pusat Data dan Informasi.

Peran Dinas Kominfo semakin strategis seiring era keterbukaan informasi, saat ini sudah terjadi perubahan paradigma, kalau dulu informasi adalah milik pemerintah, saat ini sudah berubah, informasi juga harus diketahui oleh masyarakat.

Dari kenyataan ini tentu membawa konsekuensi tersendiri, disatu sisi merupakan jawaban pemerintah akan adanya tuntutan keterbukaan informasi publik, di sisi yang lain bisa juga terjadi adanya penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Informasi berupa angka statistik sangat dibutuhkan khususnya penyiapan bahan perumusan dalam pengambilan kebijakan yang strategis.
Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Sinjai berharap peran semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sinjai semakin optimal dalam menjalankan tugasnya khususnya dalam hal pelayanan publik.

Tersedianya data statistik sektoral berupa data pendidikan, kesehatan, data produksi tanaman pangan, data produksi hortikultura, data produksi perkebunan, data produksi peternakan dan lain-lain tugas OPD sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Melalui kegiatan ini diharapkan pengumpulan data statistik terutama data statistik sektoral di Kabupaten Sinjai bisa semakin baik, karena diaplikasi ini selain penegelolaan data-data profil yang dilengkapi dengan fitur keterangan dan grafik, simdata info-sinjai juga dilengkapi dengan fitur yang berfungsi untuk mengelola informasi berupa pengumuman dan berita dalam bentuk teks, teks bergerak dan gambar/foto.

Hari ini, 5 September 2019, LAMELLONG kembali hadir …………………

Komentar Facebook

About Haryanti Arief