Imbangi Hoax dengan Capaian Kerja Pemerintah

Penyebarluasan informasi tentang capaian kerja Pemerintah akan dapat mengimbangi info hoax yang beredar di masyarakat.
Informasi keberhasilan pemerintah harus terus disebarluaskan untuk mengimbangi sebaran hoax. Ini dapat disampaikan melalui narasi grup whatsapp, story telling, diaplikasi secara gotong-royong keberhasilan dana desa baik dengan strategi above dan below the line.

Berkaitan dengan pembangunan desa, saat ini perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terhadap pembangunan desa demikian besar. Hal itu terbukti dari adanya kenaikan alokasi anggaran dana desa baik melalui APBN maupun pendampingan melalui APBD dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Oleh karena itu, Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian agar mengoptimalkan kerja samanya dengan media cetak maupun media online dan sekaligus juga pentingnya kembali menghidupkan Forum Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) dan fungsinya untuk mengelola PPID Pembantu dan mengelola website OPDnya masing-masing, sehingga baik PPID Utama maupun Website sinjaikab.go.id dapat berfungsi dengan baik sebagai sarana pemerintah kabupaten sinjai untuk menyebarluaskan informasi dan begitu juga sebaliknya sebagai wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi, sehingga pada gilirannya tertutup ruang bagi mereka yang tidak bertanggung jawab menyebarkan issu-isu negatif atau berita hoax, karena peran humas OPD (Dinas, Badan, Kantor, BUMN & BUMD) mampu bersinergi setiap hari mengupdating data dan informasi sehingga baik Website sinjaikab.go.id maupun PPID menjadi icon bagi pemerintah kabupaten sinjai dalam menyampaikan informasi hususnya capaian kinerja pemerintah.

Selain itu di tingkat pemerintahan desa untuk dapat melakukan penyebarluasan informasi tentang pertumbuhan masyarakat desa dengan menggunakan strategi komunikasi kekinian juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan PPID pembantu dan website desa.

Salah satu dampak nyata yang dapat dilihat degan adanya pembangunan berbasis desa adalah adanya penurunan angka kemiskinan. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), kita dapat menunjukkan saat ini angka kemiskinan di Kabupaten Sinjai sebesar 22,25 ribu (9,24%) di tahun 2018 atau turun dari 22,51 ribu (9,41%) dibanding September tahun 2017.

Kedepan pemerintah daerah perlu terus mendorong Pemerintah desa untuk mengembangkan dan memajukan BUMDes dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa. ( Lamellong)

Komentar Facebook

About Haryanti Arief